Sabtu, Desember 28, 2019

Beberapa Hal Tentang E-mail yang Penting Kamu Ketahui


Beberapa Hal Tentang E-mail yang Penting Kamu Ketahui 
Kependekan dari surat elektronik, e-mail atau email adalah informasi yang disimpan di komputer yang dipertukarkan antara dua pengguna melalui telekomunikasi. Lebih jelasnya, e-mail adalah pesan yang mungkin berisi teks, file, gambar, atau lampiran lain yang dikirim melalui jaringan ke individu atau kelompok individu tertentu.

Pesan pertama dikirim oleh Ray Tomlinson pada tahun 1971. Tomlinson mengirim e-mail ke dirinya sendiri sebagai pesan e-mail tes, yang berisi teks "sesuatu seperti QWERTYUIOP." Namun, meskipun mengirim e-mail ke dirinya sendiri, pesan e-mail masih dikirim melalui ARPANET.

Penguraian alamat e-mail Bagian pertama semua alamat e-mail, bagian sebelum simbol @, berisi alias, pengguna, grup, atau departemen perusahaan. Dalam contoh di atas, dukungan adalah departemen Dukungan Teknis di Computer Hope. Selanjutnya, @ (tanda saat) digunakan sebagai pembagi di alamat e-mail; diperlukan untuk semua alamat e-mail SMTP sejak e-mail pertama dikirim oleh Ray Tomlinson. Akhirnya, computerhope.com adalah nama domain yang menjadi milik pengguna.

Bagaimana Cara Mengirim an Menerima E-Mail?

Program E-mail Untuk mengirim dan menerima pesan e-mail, Anda dapat menggunakan program e-mail, yang juga dikenal sebagai klien e-mail, seperti Microsoft Outlook atau Mozilla Thunderbird. 

Ketika menggunakan klien e-mail, Anda harus memiliki server yang menyimpan dan mengirim pesan Anda, yang diselenggarakan oleh ISP Anda atau dalam beberapa kasus, perusahaan lain.

Klien e-mail harus terhubung ke server untuk mengunduh e-mail baru, sedangkan e-mail yang disimpan secara online selalu tersedia, dari semua perangkat Anda yang terhubung ke Internet.

Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan e-mail cloud, lihat perbedaan antara webmail dan klien e-mail, di bawah ini. E-mail Online Cara alternatif mengirim dan menerima e-mail (dan solusi yang lebih populer bagi kebanyakan orang) adalah layanan e-mail online atau webmail. Contohnya adalah Hotmail (sekarang Outlook.com), Gmail, dan Yahoo Mail. Banyak layanan e-mail online termasuk yang baru saja disebutkan di atas, gratis atau memiliki opsi akun gratis.perbedaan antara webmail dan klien e-mail. Keduanya melakukan fungsi yang sama: mereka memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima e-mail. Namun, klien e-mail mengharuskan pengguna untuk menginstal perangkat lunak langsung ke komputer mereka; jika perangkat lunak tidak diinstal, e-mail tidak dapat diakses. Juga, banyak klien e-mail membutuhkan uang, tetapi umumnya lebih aman. Webmail, di sisi lain, adalah layanan gratis, yang dihosting di cloud. Layanan cloud akan secara otomatis menyinkronkan e-mail Anda ke semua perangkat Anda, termasuk komputer desktop, tablet, atau ponsel cerdas Anda.

Selain pesan teks yang dikirim melalui e-mail, juga mungkin untuk melampirkan file atau data lain dalam e-mail. Misalnya, lampiran bisa berupa gambar, PDF, dokumen pengolah kata, film, program, atau file apa pun yang disimpan di komputer Anda. Namun, karena beberapa masalah keamanan, mungkin tidak dapat mengirim jenis file tertentu tanpa langkah tambahan. Sebagai contoh, banyak perusahaan akan memblokir file .exe dari yang dikirim melalui e-mail dan akan meminta Anda untuk mengompresi file ke dalam file .zip. Selain itu, sebagian besar penyedia e-mail memiliki batasan ukuran file yang akan mencegah file atau program besar dikirim melalui e-mail.

Itulah beberapa informasi dasar dan penting mengenai e-mail. Meski sudah memiliki e-mail kadang ada beberapa hal yang kita lewatkan mengenai e-mail. Semoga informasi ini membantu.

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search